Thursday, December 20, 2007

Sesal

Waa.. edun. Judul postingan kok seperti judul lagu, hehehe.

Manusia, kadang suka tiba-tiba aja merasakan penyesalan. Penyesalan muncul dari proses review atau introspeksi dari tindakan yang sudah kita lakukan. Yang namanya menyesal, berarti ada sesuatu dari tindakan kita itu yang (jika mungkin waktu kembali :P) ingin kita ubah.

"Kenapa dulu saya ngga sungguh-sungguh..", "Harusnya gue gebet dari dulu..", "Andaikan saya pake baju biru..", "Timingnya salah!", "Coba kalau ngga melakukan itu..", "Duh, padahal mending sama dia aja", "tau gitu mending dulu gue bilang NO!", dan masih banyak lagi statement penyesalan seperti contoh-contoh tersebut.

Pada beberapa kasus penyesalan dihadapi dengan ringan aja. Tergantung eskalasi kasusnya dan juga kepribadian orangnya. Syukur kalo kasusnya ringan atau orangnya easy going. Yang gawat kalo kasusnya berat, kerugiannya banyak, dan orangnya bukan yang tipenya mudah melupakan (atau pelupa?).

Ada yang sampai ngga "maju" gara-gara kejadian di masa lalu itu. Stress, murung, sedih, marah, dan efek-efek negatif lainnya. Jadinya seperti hidup di masa lalu.

Jelas yang namanya efek negatif ya berarti tidak baik untuk orang tersebut maupun orang-orang di sekitarnya.

Makanya, untuk yang terkena dampak negatif penyesalan ini, saya mau kasih sedikit penghiburan dalam bentuk kata-kata untuk direnungkan.. begini bunyinya :

It's never the right person.
It's never the right time.
It never makes any sense.

Yah, mungkin emang ngga pernah dan ngga akan pernah..

So.. Teman, apapun yang terjadi dan pernah terjadi, tetaplah hidup dan tersenyum.

No comments: